Tips Jitu Lolos SBMPTN

Lolos SBMPTN dengan mudah :)

Tak terasa tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang sering di sebut SBMPTN sudah di depan mata. Banyak siswa yang gagal dalam tes ini, seperti yang terjadi di tahun 2015 lalu yang hanya meloloskan sekitar 121.600 an peserta dari sekitar 693.100 an pendaftar SBMPTN yang mengikuti tes. Sungguh jumlah yang sangat berbeda jauh ya sob, dari yang lolos dan jumlah pendaftar. Dari kebanyakan pendaftar yang gagal lolos tes tersebut, banyak yang kurang memahami tips dan trik untuk bisa lolos tes SBMPTN. Di sini ane kagak bermaksud untuk menggurui atau apa ya sob, di sini ane cuma mau berbagi tips dan trik buat bisa lolos tes SBMPTN yang udah ane coba dan Alhamdullah sukses sob. :)

Okey sob, ini ada beberapa tips dan trik yang pernah ane coba, semoga ini bisa sobat terapkan dan semoga bisa sukses di tes SBMPTN tahun ini ya sob. :)

1. Yang pertama yang perlu sobat siapkan adalah prodi yang bener-bener sobat inginkan
       Dalam memilih program studi sobat jangan main-main, sobat perlu pikirkan dengan matang prodi yang akan sobat pilih. Lihat dan perhatikan prospek kerja kedepan setelah sobat lulus menempuh studi kedepannya.
2. Daftar atau kelompokan PTN yang menyediakan prodi pilihan sobat
     Banyak peserta yang gagal lolos tes akibat terlalu terpaku pada Universitas atau PTN terkenal tanpa memikirkan hal lain, banyak yang merasa gengsi kalau tidak masuk di PTN terkenal, padahal ketika kita telah menentukan pilihan prodi sesuai dengan keinginan kita, semua PTN itu sama dari bahan ajarnya, karena setiap prodi atau jurusan ada kesepakatan yang telah di setujui oleh seluruh PTN dengan prodi yang sama. Sobat hanya perlu melihat peluang masuk ke PTN dengan prodi yang sobat pilih, sobat tidak harus memaksakan harus di PTN terkenal, yang sobat pikirkan hanyalah lihat akreditasi PTN dan prodi yang sobat pilih tadi.
3. Strategi Belajar
    Ketika belajar banyak siswa yang memaksakan keinginannya untuk harus bisa mengerjakan seluruh soal, padahal menurut ane itu salah sob. Kenapa? Ya karena kemampuan seseorang itu terbatas sob, jangan di paksakan untuk bisa sob. Cukup sobat pelajari saja materi yang sobat sudah kuasai, sobat asah lagi materi yang sudah sobat kuasai. Karena dalam tes SBMPTN ada sistem betul +4 dan salah -1, jadi sobat harus berhati-hati. Dan sobat harus memanfaatkan peluang di soal TPA atau Tes Kemampuan Akademik, karena disini yang di perlukan hanyalah ketelitian dan nalar kita, jadi ndak harus mikir berat. :)
4.  Ketika Tes
     Banyak di antara peserta yang ngedown hanya karena melihat peserta lain, yang perlu sobat pikirkan adalah sobat percaya diri saja, anggap saja mereka jauh lebih di bawah sobat dalam kemampuan. Sehingga sobat akan lebih yakin pada diri sobat dan sobat akan lebih tenang ketika menjawab soal, yang perlu sobat ingat ketika sobat melihat kerjaan temen sebelah sobat sudah hampir penuh tapi sobat baru ngerjain dikit adalah belum tentu jawaban dia betul tapi yakinlah jawaban sobat lah yang paling benar. :) Dan yang pasti jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal sob, semoga Tuhan memberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal. :)
5. Terakhir
     Setelah sobat berjuang semaksimal sobat saat tes, yang perlu sobat lakukan adalah berdoa pada Yang Maha Kuasa supaya di beri hasil yang terbaik buat sobat.

Yabs... Itu sedikit tips dari ane sob, semoga bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih :)

Related Posts:

34 Responses to "Tips Jitu Lolos SBMPTN"

  1. nah ini ni yang aku cari cari, soalnya tahun depan mau daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa di terima di pilihan pertama ya gan :)

      Delete
  2. kalau saya dulu belajarnya mencicil mas..
    jadi ga bingung belajarnya pas tes..
    syukur diterima..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan
      seperti itu jg lebih baik
      tp anak jaman sekarang mah pada ngandelin SNMPTN gan, yg bisa di bilang PHP.
      penuh dengan ketidak pastian gan :)

      Delete
  3. kalo gw juga gitu gan belajar nyicil .. biar kagak lupa

    ReplyDelete
  4. Cocok nih buat ane yg bentar lagi lulus SMA, thanks bro

    ReplyDelete
  5. makasih gan buat tips nya :)

    ReplyDelete
  6. dipraktekin dulu mas gan :)

    ReplyDelete
  7. terimakasih banyak mas gan :)

    ReplyDelete
  8. makasih gan infonya, doain adek saya aheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan
      aamiin semoga lolos ya gan adeknya :)

      Delete
  9. makasih sob tips nya bisa jadi refrensi

    ReplyDelete
  10. wah boleh nih tips nya buat ade ane yang mau daftar untuk SMBPTN
    infonya bagus

    ReplyDelete
  11. Wah saya pengen ikut sbmptn tapi kemampuan saya kurang gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mudah menyerah gan, ane jg pas pasan kemampuannya kok
      yang penting semangat gan :)

      Delete
  12. Pernah bermimpi ikut jalur ini ke univ ternama.

    ReplyDelete
  13. mantap nih tips nya, smg tahun ini bisa lulus SBMPTN nya, soalnya tahun kmrn udh gagal :(

    ReplyDelete
  14. makasih gan infonya, sangat membantu

    ReplyDelete